Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex

Penampil atau display menggunakan 7 segmen dalam aplikasi perangkat elektronika memang menguras port suatu mikrokontroler atau jalur data yang mau di tampilkan, apalagi bila data yang mau ditampilkan lebih dari 1 digit. diperlukan jalur untuk mengontrol sumber daya tiap 7 segmen dan jalur untuk input data pada 7 segmen. Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex ini merupakan suatu cara untuk menghemat port mikrokontroler atau jalur data yang mau ditampilkan. Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex ini menggunakan dekoder BCD to 7 segmen 74LS247 untuk mengkodekan data BCD dari data yang mau ditampilkan, kemudian untuk sumber daya tiap penampil 7 segmen menggunakan transistor yang di set sebagai saklar elektronik. Arus yang mengalir pada penampil 7 segmen dalam Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex ini di batasi menggunakan resistor yag di pasang seri pada tiap kolektor transistor.

Gambar Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex

Konfigurasi komponen Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex

Kaki-kaki LT, RBI, RBO pada rangkaian ini tidak tersambung (logika tinggi) dimaksudkan agar tampilan data dari seven segment sesuai dengan data dari mikrokontroler. Resistor yang dipasang seri terhadap led digunakan sebagai pembatas arus agar arus yang mengalir melalui led tidak melebihi arus maksimum yang diperbolehkan yaitu sebesar 20 mA.

0 Response to " Rangkaian Display 7 Segmen 4 Digit Multiplex "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!