Cara memperbaiki Lemari Es / Kulkas

Apabila lemari es di rumah anda tidak bisa dingin maka solusinya adalah seperti berikut ini:
Bagian  yang pertama yang harus  diperiksa adalah apakah lampu penerangan ruang kulkas, saat pintu ruangan kulkas dibuka, menyala atau  padam. Apakah menyala ?
Kalau tidak menyala, maka berarti listrik tidak masuk ke kulkas anda, bisa karena steker kulkas tidak masuk dengan benar ke stop kontaknya. Periksa dan perbaiki.

Kalau ya menyala, berarti listrik sudah masuk ke kulkas dan sekarang dengarkan atau pegang dengan lap, kompresornya, yaitu bagian yang berwarna hitam, berbentuk silinder besar, di belakang kulkas.

Kalau tidak ada suara atau getaran, berarti tegangan listrik tidak masuk ke motor kompresor kulkas anda. Bisa karena motor Timer tidak bekerja (kalau kulkasnya sistim No Frost), ada kabel putus antara lain digigit tikus atau Thermostat, yaitu setelan dingin yang ada di dalam ruang kulkas, rusak atau karena sesuatu hal, motor kompresor bermasalah dan diputuskan untuk mencegah semakin rusak dengan Overload Protektor yang berbentuk benjolan, menempel pada kompresor.

Untuk kasus ini, periksa apakah ada kabel yang putus antara lain digigit tikus. Kalau mampu dan mempunyai voltmeter, lepaskan Overload Protektor dan ukur tegangan yang masuk ke kompresor, apakah tegangan masuk atau tidak.

Kalau tegangan tidak masuk, periksa Timernya dan Thermostatnya atau hubung singkatkan dahulu secara langsung untuk pemeriksaan dan kalau kompresor bekerja, itu berarti Timer atau Thermostat tidak bekerja dan harus diganti.

Kalau ada suara dan getaran, namun tetap tidak dingin, berarti pada sistim tertutupnya, ada kebocoran, sehingga Freon, bahan yang fungsinya mendinginkan Evaporator, habis.

Untuk kasus ini, maka tidak ada jalan lain, harus membawa lemari es kita ke tukang servis profesional. Sebab kalau kita tangani sendiri bisa bisa  kerusakannya justru lebih parah. Betul kan ??



Gambar lengkap bagian-bagian Kulkas

3 Response to " Cara memperbaiki Lemari Es / Kulkas "

  1. bos kalo lampu kulkas ynya mati apanya ya.. lapunya udah d ganti tp ttp ga mau nayala.. kedip kedip terus...

    Nb : kulkas modena yag berkaca transpran.

    Anonim says:

    Permisi Agan, mau tanya nih. Kalau kulkas 2 pintu, merk mitsubishi, sudah diganti timernya, sudah diganti rileynya, kabel2 dalam keadaan bagus, kapasitor juga diganti. termostat juga diganti. Tapi masih beum maunyala. yang menyala hanya lampunya saja. Yang tidak nyala kipas dengan kompresornya. Kebetulan saya juga sering mereparasi kulkas. Tapi baru kali ini, sudah beberapa hari tapi masih belum bisa dingin secara normal. Bagaimana caranya? Trimakasih sebelumnya gan.



    Dari Ade - Bandung

    Anonim says:

    Untuk yg lemari es Mitsubishi, mungkin jenis timernya tdk sesuai dgn orisinilnya. Coba bandingkan kerja timer dari wiring diagram (mdh2an msh terlihat) dgn yg ada pada timernya. Salam.

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!