Interface Relay Dengan Transistor PNP

Salah satu teknik driver relay dari mikrokontroler atau komputer dapat dibuat dengan driver transistor PNP seperti artikelInterface Relay Dengan Transistor PNP” ini.Rangkaian interface ini sederhana dan mudah diaplikasikan untuk mikrokontroler atau port paralel komputer. Interface Relay Dengan Transistor PNP ini menggunakan 2 uah transistor 2N3904 dan 2n2905/2N2907 sebagai power driver relay. Keunggulan rangkaian ini dapat menggeran relay dengan daya cukup besar dengan input logika TTL dari komputer dan mikrokontroler. Sumber tegangan yang diperlukan rangkaian ini mengikuti relay yang digunakan, misal menggunakan relay 12V maka sumber tegangan 12V atau untuk relay 24V maka sumber tegangan 24V. Detil rangkaian interface relay dan mikrokontroler atau komputer dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Interface Relay Dengan Transistor PNP

Fungsi dioda yang terpasang parallel dengan relay untuk menghindari terjadinya arus balik ke transistor akibat induksi magnetic dari kumparan relay, oleh karena itu dioda ini wajib dipasang. Untuk pemasangan dengan mikrokontroler atau komputer yang harus di perhatikan adalah grund komputer atau rangkaian mikrokontroler harus disambungkan ke ground pada rangkaian Interface Relay Dengan Transistor PNP ini.

0 Response to " Interface Relay Dengan Transistor PNP "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!