Cara Murah Membuat Pigtail Antena Modem AC682

 Sobat semua, setelah postingan kemarin mengenai salah satu warnet dengan jaringan cdma-evdo milik saya, maka kali ini saya akan sharing pada sobat semua tentang pembuatan Pigtail antena modem AC682. masih berhubungan dengan postingan kemarin, bahwasanya di tempat saya tidak ada yang namanya sinyal evdo yang nyangkut sedikitpun tanpa menggunakan bantuan sebuat alat yaitu Antena. sudah maklum bahwa modem yang saya pakai ( ac682 ) tidak di produksi untuk dilihat slot antenanya alias slot berada di dalam cassing modem. sobat semua yang punya modem jenis ini dapat membongkar dengan mudah dan mengetahui letak slot antena yang tertanam di dalam modem ac682 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Disini saya tidak akan menjelaskan jeroan modem ac682, tapi saya ingin sedikit memberi tips cara membuat slot antenanya yang nama kerennya disebut pigtail. sebagai informasi,  di pasaran khususnya di web-web market banyak sekali menjual produksi pigtail dengan harga sekitar 80-100 ribuan. bagi yang tidak ingin repot-repot ya silahkan membeli dan langsung bisa diaplikasikan. tapi bagi yang berkantong pas - pasan seperti saya maka alternatif 'murah meriah' yang jadi tujuan utama... :). Untuk step by step pembuatan pigtail modem ac682 ini insya Allah sobat semua akan mudah prakteknya karena bahannya simple dan murah banget, saya jamin... :). yuk kita mulai saja daripada cas cis cus nggak karuan...

Langkah pertama siapkan dahulu perlengkapannya seperti :
  • Gunting / cutter
  • Isolasi elektrik hitam
  • solder ( nggak ada juga gak masalah )
  • Kabel coaxial ( bekas antena TV juga bisa, yang bagus pake Kitani agar low loss signal )
  • Jack Audio 3.5mm ( bahan utama nih )
Setelah itu kita mulai prakteknya :
  • 1. Siapkan jack audio-nya, bagi yang belum tahu seperti gambar di bawah nih :)

Jack Audio
  • 2. Bongkar jack menjadi dua bagian, dan potong ujung jack ( yang ada karet hitam pembatasnya itu tuh, sebatas karet hitam tengah ) sehingga setelah dipotong sobat akan mendapati hasil seperti gambar di bawah ini.
Ujung Jack setelah di potong
  • 3. Setelah itu, ambil kabel coaxial dan kupas ujungnya, sehingga ukuran kawat ( + ) alis tembaganya seukuran lebih panjang dari Jack yang tadi sudah dipotong ujungnya. seperti di bawah ini.
Kabel coaxial yang di kupas
  • 4. langkah selanjutnya, masukkan ujung tembaga kabel coaxial tadi ke jack yang tadi telah dipotong sehingga hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini.
Kabel setelah di satukan
  • 5. Kemudian lilitkan kabel serabut ( - ) ke bodi jack, lingkarkan dengan erat dan untuk lebih paten lagi lumuri serabut yang terlilit tadi dengan timah solder agar menempel dengan kuat.
  • 6. Untuk merapikan silahkan sobat meng-isolasi dengan isolasi elektrik agar bodi jack dengan bagian luar kabel bersatu dengan rapat. setelah itu tutup bodi jack dengan badan jack dengan rapat. hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.
Hasil akhir setelah disatukan
  • 7. Setelah terpasang rapi maka potong ujung kabel ( tembaga-nya ) sisakan sekitar 2 mm dari ujung jack, agar tidak terlalu panjang dan mentok di modemnya.
Mudah bukan ?. Insya Allah mudah bagi sobat semua, ngak sulit dan murah banget. gak habis 10 ribu asal kabel dan antena yagi sudah punya lho ya...hehehe...saya sudah buktikan kok :) .
Mungkin tutorial dan tips yang singkat diatas bisa membantu sobat semua yang bingung membuat colokan antena ac682. hasilnya tidak kalah dengan buatan pabrikan asal kabel bagus dan arah antena juga pas ' menembak' ke BTS provider-nya. akhirnya saya ucapkan selamat praktek dan bila ada pertanyaan silahkan ditumpahkan unek-uneknya di halaman komentar. Terima kasih, semangat selalu buat semuanya.

2 Response to " Cara Murah Membuat Pigtail Antena Modem AC682 "

  1. gileee... kreatif abis, gak kepikiran sampe sana... :D
    makasih tips nya ya gan..

    darn says:

    jac audio 3.5 mah longgar mungkin yang 2.5 tuh

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!