Optimasi PC jadul dengan Tool



Assalaamu'alaikum sobat semua, setelah kemarin lusa saya posting tentang Tool andalan Teknisi Komputer yaitu Hiren's BootCd, maka sekarang saya ingin meneruskan lakon-nya si hiren. Kan gak enak kalo setengah-setengah dalam postingan dan juga saya niati kalo dalam seminggu bisa posting setidaknya tiga kali agar mbah google makin sayang pada blog ini...hehehe. kali ini saya akan memberikan sedikit tips lagi cara optimasi PC jadul atau kompi yang udah ngos-ngosan tapi masih nekat juga dipakai, kayak yang nulis ini...hehehe.
Bila sobat semua masih punya PC kesayangan yang kinerjanya 'ngoyo', letoi dan gak bergas sama sekali maka hal itu dapat dengan mudah di optimasi oleh tool bawaan hiren. setidaknya akan ada peningkatan dari sebelum kita lakukan oprek dari segi software. kita akan lakukan langkah dari optimasi registry, backup driver, bersih-bersih old chache sampai menghentikan proses yang gak kita perlukan.
Bila sobat semua sudah mengunduh atau sudah punya software hiren silahkan dicopy dahulu ke hardisk atau ke flashdisk, dari cd-pun boleh juga. kalo belum punya hiren silahkan disimak dulu aja ya...hehehe. yuk kita simak step by step singkatnya.
  • Langkah 1.
Silahkan eksekusi hiren sobat, ekstensinya bukan exe tapi cmd lho seperti screenshoot di bawah ini
  • Langkah 2.
kita lakukan bersih-bersih terlebih dahulu dengan menggunakan tool ccleaner yang sudah tertanam di hiren.


sobat tinggal klik aja tombol run cleaner, hal ini aman dan tidak ada efeknya selain PC sobat akan lebih mak nyus nantinya karena file-file temporar akan dihilangkan disini.

kemudian sobat pindah ke tab Registry, dan tekan aja tombol scan for issues setelah itu klik Fix selected Issues... ini pun aman kita gunakan, dan juga bikin mak nyos laju PC sobat.


setelah itu kita akan menonaktifkan startup program yang tidak kita inginkan agar loading pertama kali OS kita terasa ringan dan cepat. harap diingat program yang terload pada startup yang gak boleh di disabled antara lain antivirus dan engine yang sobat perlukan untuk di load pertama kali, agar tidak terjadi crash.

  • Langkah ke 3.
Setelah kita lakukan optimasi diatas sebenarnya PC sobat sudah ada sedikit peningkatan performa. sekarang kita lakukan penataan file utama windows atau yang sering disebut Defrag. tool di hiren ini cepat dalam optimasi men-defrag file yang ter-fragmented daripada tool bawaan windows. silahkan temukan tool-nya seperti penampakan di bawah ini.


setelah jendela muncul maka langsung aja lakukan aksi defrag pada drive dimana OS bersemayam, biasanya drive C adalah bersemayamnya OS sobat... tul gak ?...hehehe

  • Langkah ke-4.
Restart aja PC sobat.... dan eng ing eng.... gimana rasanya... mantab kan ? :)

Cara-cara diatas tentunya tidak harus berurutan seperti itu, boleh kok acak dalam langkah-langkah optimasinya. tentu dalam tool hiren akan sangat powerfull jika digunakan semaksimal mungkin dan sesuai kebutuhan kita. Jadi gak ada salahnya kita mencoba hal diatas walau tool optimizer banyak bertebaran di dunia maya. keunggulan dari penggunaan tool hiren diatas kita tidak perlu melakukan langkah instalasi apapun. jadi akan terasa ringan untuk melakukan optimasi dan gak repot sama sekali. tinggal klak dan klik...hehehe.
Oke, saya cukupkan sampai disini dulu Optimasi PC jadulnya, kalo terlalu banyak screenshoot nanti malah ngambek semua deh sobat untuk buka halaman ini...jadi berat gitu lohhh...hehehe. akhirnya saya ucapkan selamat meng-obrak abrik performa PC sobat dan salam semangat selalu. wassalam.

0 Response to " Optimasi PC jadul dengan Tool "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!