dioda bisa seperti tahanan

Tahukah kamu?
Ternyata dioda bisa bekerja seperti resistor!
Seperti kita ketahui fungsi resistor adalah menghambat (resist) arus listrik, sehingga dapat mengurangi daya. Nah dioda juga kalau diaplikasikan bisa menjadi resistor, namun dengan nilai resistansi tertentu, tergantung seri dioda nya.
Contoh konkret, ketika kita menambahkan dioda pada jalur lampu pijar (bukan lampu hemat energi), maka dapat dilihat bahwa si lampu ternyata sedikit lebih redup jika ditambahkan dioda. Itu karena dayanya dikurangi oleh si dioda.
Anda bisa buktikan sendiri, berikut rangkaiannya.
RANGKAIAN PEREDUP LAMPU PIJAR
Ada contoh lagi nih, ini bagian dari skripsi aku.
Saya mem paralel suatu kompresor mini (di dalamnya ada motor 12 Volt) dengan kipas DC brushless fan 12 volt (kipas casing komputer desktop). Catu daya nya aki motor 12 V 5 A.
Ketika saya paralel, si kipas hanya beputar sangat pelan. Saya coba ukur tegangan, ternyata drop menjadi 3 volt!!!
Saya pikir kompresor ini rakus amat ya?dihabisin semua dayanya, nggak bagi2 sama kipas.
Lalu saya berpikir bagaimana caranya supaya daya untuk kompresor ini dijatah atau dibatasi. Saya coba menggunakan resistor dengan nilai 1 ohm dengan kemampuan 1 watt. Hasilnya?
Kipasnya agak kencengan, tapi kompresornya lemot jadinya, dan resistornya panas lebay. Saya pikir resistornya R nya kegedean tapi wattnya kurang besar.
Trus muncul ide, lah sekalian iseng dan mau praktek, kupake ja dioda 6A sebagai pengganti resistor.
Ajaibnya kompresor mau jalan normal, tapi si kipas masih kurang maksimal (tapi lumayan) dan si dioda kaya kena demam, panas tinggi.
Berpikir lebih keras lagi, akhirnya saya temukan jawaban. Ya! jumlah diodanya ditambah dan kemampuan amperenya ditambah!
Akhirnya saya pake dioda bridge 25 A.
Hasilnya?
Mantaaaaap, sucessfull.
Lagi-lagi terbukti dioda dapat mengurangi daya, dalam hal ini mengurangi daya ke kompresor.
Nah gini penjelasan konkretnya…
Dioda adalah komponen elektronik yang berfungsi sebagai penyearah arus.
Digunakan untuk menyearahkan arus AC menjadi DC.
Penyearahannya bisa setengah gelombang (half wave) maupun penyearah penuh (full wave).
Berikut gambar rangkaian penyearah beserta gambar gelombangnya.

penyearah setengah gelombang
penyearah setengah gelombang
Gambar di atas adalah penyearah setengah gelombang (half wave rectifier). Gunanya untuk menyearahkan gelombang sinus arus listrik AC (alternating current) atau arus bolak balik, menjadi setengahnya.
Dapat dilihat yang dilingkari merah adalah gelombang bolak-balik dari sebuah transformator AC, kemudian disearahkan setengah gelombang dengan rangkaian halfwave rectifier dengan satu buah dioda (lingkar biru), dan hasil keluaran gelombangya adalah lingkar hijau.
Nah disitu terlihat jelas kan? Bahwa dioda membuat gelombangnya hilang setengah (yang bawah hilang). Hilangnya setengah gelombang ini menyebabkan daya yang keluar setelah melewati dioda juga berkurang. Terbukti dari contoh yang saya paparkan di atas, lampu menjadi lebih redup, dan contoh kedua kompresor bekerja sedikit lebih lambat.
Mencuplik kata-kata mas Bayu Kuncoro Mukti pada ( http://ilmu-elektronika.co.cc/index.php/arus-bolak-balik-ac/rangkaian-penyearah-gelombang-rectifier-circuit.html )
Pada gambar di atas itu juga dapat dijelaskan gini:
Ketika gelombang masukan bernilai AC positif, arus dapat melewati dioda tetapi ketika gelombang masukan bernilai ground AC, arus tidak dapat melewati dioda. Karena hanya setengah gelombang saja yang bisa di searah-kan, itu sebabnya mengapa disebut sebagai Penyearah Setengah Gelombang.
Rangkaian penyearah setengah gelombang ini memiliki kelemahan pada kualitas arus DC yang dihasilkan. Arus DC rata-rata yang dihasilkan dari rangkaian ini hanya 0,318 dari arus maksimum-nya, jika dituliskan dalam persamaan matematika adalah sebagai berikut;
IAV = 0,318 ∙ IMAX
Oleh sebab itu rangkaian penyearah setengah gelombang lebih sering digunakan sebagai rangkaian yang berfungsi untuk menurunkan daya pada suatu rangkaian elektronika sederhana dan digunakan juga sebagai demodulator pada radio penerima AM.
Kesimpulan dari saya, judulnya bisa juga gini:
DIODA BISA MENJADI PENGURANG DAYA.
Oke this end from me, sambung lagi besok-besok.
Untuk rangkaian penyearah gelombang penuh dan rangkaian rectifier kita bahas lain waktu…
Lain kali juga akan saya paparkan kapasitor bisa seperti transformator step down!!
Terus berkarya!

0 Response to " dioda bisa seperti tahanan "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!