Pembangkit energi mungil penghasil listrik dari getaran

Sobatsepeda, dengan semakin meningkatnya harga energi listrik, sebuah perangkat yang bisa mengubah energi getar menjadi listrik telah hadir dan tentunya sangat membantu perkembangan yang ada. para peneliti dari University of Michigan telah mengembangkan pembangkit energi baru, dimana dapat merubah energi getar menjadi energi listrik (wicak).
millimeter scale energy harvester 1

dengan skala millimeter pembangkit energy  1
Pembangkit energi baru ini tentunya sangat jauh berbeda dan jauh lebih effisien dari pembangkit energi yang lain .Pembangkit energi ini mengubah getaran yang biasanya dihasilkan oleh mesin pabrik menjadi tenaga listrik . Energi listrik ini dimanfaatkan untuk menghidupkan jaringan sensor nirkable yang ada(wicak).
Jaringan sensor yang digunakan untuk memberikan informasi pada operator mesin tentang beberapa kerusakan yang ada. Saat ini , jaringan sensor tersebut masih menggunakan baterai atau kabel listrik sebagai sumber tenaga.Akan tetapi , Parawatan dan instalasi dari jaringan sensor dengan skala besar atau Industri masih memakan biaya cukup mahal , menggunakan sekitar 80% dari total biaya yang ada.Dengan pembangkit energi ini tentunya akan menurunkan biaya sangat drastis (wicak).
Melalui pembangkit energi baru dengan volume sekitar 27 millimeter kubik, merupakan pembangkit energi yang cukup efisien dalam menghasilkan energi listrik dari getaran yang dihasilkan oleh sebuah mesin. Seluruh system pembangkit ini terdiri dari sebuah material piezoelektrik untuk menghasilkan energi dan sirkuit untuk mengakses jaringan listrik . Terdapat sebuah ultra kapasitor untuk menyimpn energi yang dihasilkan. sistim ini memiliki bandwitdth sekitar 14 hertz dan bekerja pada getaran berfrekwensi sekitar 155 hertz. dan bisa menhasilkan energi sekitar 200 mikro watt dari kekuatan 1,5 gram amplitudo getaran(wicak).
Ini merupakan sesuatu yang baik dari sebuah pembangkit energi baru tentunya sebuah produk yang tidak banyak memerlukan perawatan (seminim mungkin). dapat beroperasi tanpa operawatan berkala dalam jangka waktu yang cukup panjang sekitar 10 hingga 20 tahun (wicak).
Selain sangat berguna bagi pabrik-pabrik , teknologi ini sangat berguna bagi dunia medis dan industri otomotif baik untuk daya implan maupun sensor panas sebuah kendaraan dalam masing-masing penggunaan(wicak).
Implikasi: Berbagai penemuan baru tentang pembangkit energi mandiri berkembang sangat pesat pada masa sekarang , dari pemanfaatan getaran mikro, suhu tubuh bahkan dari kebisingan suara. sebuah teknologi sangat bisa diandalkan tentunya diperlukan kwalitas yang memenuhi kebutuhan. sebuah percobaan dan penelitian tanpa henti untuk memperbaiki semua kekurangan sangatlah diperlukan dalam hal ini. tidak ada penemuan baru tanpa sebuah percobaan tidsak ada keberhasilan tanpa kegagalan pada awalnya, jadi jangan pernah menyerah ditengah jalan sebelum sesuatu yang kita kerjakan benar-benar berakhir

0 Response to " Pembangkit energi mungil penghasil listrik dari getaran "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!