Rangkaian Kompas Digital

Gambar skema Rangkaian Kompas Digital beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Kompas Digital. Kompas adalah alat penunjuk arah, dan karena sifat magnetnya, jarumnya akan selalu menunjuk arah utara-selatan (meskipun utara yang dimaksud disini bukan utara yang sebenarnya, tapi utara magnetis). Secara fisik, kompas terdiri dari : Badan, tempat komponen lainnya berada.
Kompas dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kompas analog dan kompas digital.Kompas analog adalah kompas yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja kompas yang dipakai ketika acara pramuka. Sedangkan kompas digital merupakan kompas yang telah menggunakan proses digitalisasi. Dengan kata lain cara kerja kompas ini menggunakan komputerisasi.
Berikut ini adalah skema Rangkaian  Kompas Digital yang sangat sederhana dan akurat menggunakan  kompas digital 1490 dari Dinsmore.  kompas digital 1490 adalah sebuah perangkat yang sensitif untuk mendeteksi medan magnet bumi. Sensor ini secara internal teredam untuk mensimulasikan kinerja sebuah kompas biasa. Rangkaian ditampilkan di sini adalah yang paling sederhana yang dapat dibangun di sekitar sensor ini.

Sensor ini memiliki 12 pin di bagian bawah.  Semua pin ditandai 1 yang terhubung ke positif (+5 V). Semua pin yang ditandai 2 terikat bersama-sama dan terhubung ke tanah. Pin yang ditandai 3 adalah pin output. Sebuah LED dihubungkan diantara kutub positif (+5 V) dan masing-masing pin output. Resistor 1K akan membatasi arus LED untuk 5mA. Arah dapat diidentifikasi dengan menginterpretasikan kombinasi LED bersinar. Sebuah regulator 5V khas menggunakan IC 7805 digunakan untuk menghasilkan 5V DC dari baterai 9V untuk menyalakan rangkaian.
Untuk kalibrasi dari Rangkaian Kompas Digital ini, Anda memerlukan kompas magnetik biasa. Tentukan Utara menggunakan kompas standar. Sekarang, putar kompas sehingga hanya satu LED yang bersinar. Ambil LED sebagai Utara. Sensor tidak memiliki Utara tetap dan Anda benar-benar dapat menggunakan output sebagai Utara. Jika rangkaian adalah kabel persis seperti dalam gambar skema, tiga output lainnya juga akan jatuh dalam urutan yang tepat. Dalam rangkaian ini D4 LED Utara. Memutar kompas digital ke arah jam yang bijaksana akan membuat LED bersinar dalam urutan berikut di mana 1 = ON dan 0 = OFF.

0 Response to " Rangkaian Kompas Digital "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!