Sensor Suhu LM35 + ADC0804

Rangkaian Skematik & Layout PCB Sensor Suhu LM35 + ADC0804


Layout PCB yang saya sajikan kali ini adalah layout PCB untuk sensor suhu LM35 yang dilengkapi dengan rangkaian penguat berupa opamp dengan faktor penguatan yang dapat diatur dan rangkaian analog-to-digital converter ADC0804. Sangat cocok untuk di-interface-kan dengan mikrokontroler AT89S51/52/53/8252.
Rangkaian ini dirancang untuk bekerja pada skala tegangan masukan ADC sebesar 0-5V. Rangkaian ini juga dilengkapi dengan pengatur tegangan untuk masukan Vin(-) dan Vref/2 menggunakan IC LM317, sehingga dapat mengatur resolusi ADC sesuai dengan range masukan yang ada.
ADC dapat dioperasikan secara manual dengan memberikan sinyal START dan menunggu sinyal EOC (End-Of-Conversion), ataupun dioperasikan pada mode free-running (kaki WR dihubungkan ke kaki INTR). Keluaran ADC0804 selalu terbuka karena kaki RD dihubungkan ke GND sehingga data hasil konversi siap diambil. Kaki CS juga dihubungkan ke GNDsehingga ADC0804 selalu siap dioperasikan. Cukup bagus untuk keperluan eksperimen maupun aplikasi monitoring dan pengontrolan suhu. Nah, berikut adalah gambar rangkaian skematiknya.
Rangkaian Skematik

Rangkaian penguat tak-membalik menggunakan LM358 dengan faktor penguaran maksimum 6 kali. Untuk peregulasi tegangan masukan Vin(-) dan VRef/2, digunakan IC LM317 sehingga terjamin kestabilannya. Frekuensi clock ADC yang dibentuk oleh R-10K dan C-150pF adalah sekitar 606kHz. Untuk kemudahan interfacing, tersedia header data ADC0804 dan header kontrol ADC0804 yakni kaki WR dan INTR. Kaki WR dan INTR dapat dihubung-singkat jika diinginkan ADC0804 bekerja free-running (mengkonversi tegangan masukan secara terus-menerus).
Dapatkan Layout PCB Sensor Suhu LM35 + ADC0804 Siap Pakai
Keterangan:
Terdapat perbedaan nilai VR untuk referensi tegangan Vin(-) dan VRef/2 pada gambar skematik dan layout PCB dimana pada gambar skematik keduanya bernilai 1K ohm sedangkan pada layout PCB bernilai 500 ohm. Hal itu tidak menjadi soal karena bisa saja digunakan nilai 500 ohm, 1K, 2K, 5K atau 10 K ohm.
Berikut adalah screenshot modul LM35 + ADC0804 yang dihubungkan dengan mikrokontroler AT89S51/52 dengan keluaran berupa tampilan LCD 16×2 karakter.
Jika Anda berminat, silakan menulis komentar di bawah postingan ini dan saya akan mengirimkan file layout LM35+ADC0804 dalam format PDF siap cetak, langsung ke alamat email Anda.
Selamat belajar!

11 Response to " Sensor Suhu LM35 + ADC0804 "

  1. gan bagus banget projectnya... btw bisa buat ngontrol suhu di kisaran tertentu ga? mohon kiriman file layoutnya ya... sy pengin coba juga proteusnya.. mksh

    siip...sangat tertarik om...bisa gak ya di aplikasikan untuk mengetahui suhu oven gas ?
    mohon pencerahannya...trim's

    Wah mantab nih, terimaksih sharenya, mau coba aplikasikan buat di ruang panel. tolong kirim layoutnya om tks

    keren nih, saya mau coba buat untuk alat pemadam otomatis kipas.
    tolong kirim layoutnya mas thanks

    wah boleh dong gan.... pingin belajar buat... tlg kirim y gan...

    thas very very kreatif , saya akan mencoba membuatnya ,..
    terima akasih
    dikirim ya gan,..
    dan terus berkreatif dan inovatif,.
    :)

    kreatif banget, boleh di coba nih
    dikirim ya gan

    Anonim says:

    Bagus, sudara semoga amal anda dibalas oleh Allah SWT.
    Nanya lo beli rangkaian AT nya berapa, to lo punya cara bikinnya kirimi ya

    Anonim says:

    bagus banget gan. .
    tolong mintak layoutnya sama daftar komponenya ya, ,

    Alhamdulillah....
    Allah SWT telah menuntun ku ke blog ini.
    Saya minta PDF-nya ya.. Tolong kirim.
    Saya sangat butuh itu untuk tugas Sekolah
    tolong ya.. Mohon...

    bagi juga file nya untuk saya coba di mesin penetas

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!