Rangkaian Sensor Kelembaban Udara

Berikut ini Gambar skema Rangkaian Sensor Kelembaban Udara beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian sensor kelembaban udara. Kelembaban udara adalah tingkat kebasahan udara karena dalam udara air selalu terkandung dalam bentuk uap air. Kandungan uap air dalam udara hangat lebih banyak daripada kandungan uap air dalam udara dingin. Kalau udara banyak mengandung uap air didinginkan maka suhunya turun dan udara tidak dapat menahan lagi uap air sebanyak itu. Uap air berubah menjadi titik-titik air (embun).
Embun (kelembaban terkondensasi) mempengaruhi kinerja normal perangkat elektronik yang sensitif. Sebuah rangkaian murah dijelaskan di sini dapat digunakan untuk menonaktifkan gadget apapun secara otomatis dari kelembaban yang berlebihan. Inilah rangkaian sensor kelembaban udara.
Gambar Skema Rangkaian Sensor Kelembaban Udara
Jantung dari rangkaian tersebut adalah sebuah resistor murah sebagai elemen sensor embun. Meskipun  elemen sensor kelembaban banyak digunakan dalam pemutar kaset video dan perekam, mungkin tidak mudah tersedia di pasar lokal. Namun, hal yang sama dapat diperoleh dari pusat layanan resmi dari perusahaan terkenal. Penulis menggunakan sensor embun untuk FUNAI VCP Model No VIP 3000A (Bagian No:. 6808-08-04, tidak ada referensi 336) dalam prototipe nya. Dalam prakteknya, teramati bahwa semua sensor embun tersedia untuk aplikasi video memiliki karakteristik listrik yang sama terlepas dari bentuk fisik mereka / ukuran, dan karenanya dapat dipertukarkan dan dapat digunakan dalam proyek ini.
Rangkaian pada dasarnya adalah tipe sirkuit yang dibuat dengan bantuan LM358N, IC  op-amp yang dikonfigurasi di sini sebagai komparator. (Perhatikan bahwa hanya satu setengah dari IC digunakan di sini.) Dalam kondisi normal, perlawanan dari sensor embun rendah (1 kilo-ohm atau lebih) dan dengan demikian tegangan pada non-terminal pembalik (pin 3) lebih rendah dibandingkan dengan yang di input terminal pembalik nya (pin 2). Ketika kelembaban melebihi 80 persen, resistansi sensor meningkat pesat. Akibatnya, pin non-inverting menjadi lebih positif daripada pin pembalik. Hal ini mendorong kenaikan output dari IC1 ke tingkat tinggi. Sebagai akibatnya, LED dalam OPTO-coupler menyala. Pada saat yang sama LED1 memberikan indikasi visual. OPTO-coupler dapat dihubungkan ke perangkat elektronik untuk beralih fungsi. Sirkuit yang terdiri dari dioda D2, resistor R5 dan kapasitor C1 R6 dan membentuk tegangan rendah.

0 Response to " Rangkaian Sensor Kelembaban Udara "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!