Akses port serial dengan Delphi 7

Biasanya untuk mengirim maupun menerima data secara serial kita memakai aplikasi bawaan Windows yaitu Hyperterminal. Terbatas memang karena hanya mengolah text. Untuk dapat berkreasi lebih, maka kita membutuhkan aplikasi semacam Delphi, cuman di Delphi belum ada komponen yang menangani komunikasi serial. Betul, kita harus menambahkannya. Salah satu komponen yang dapat digunakan adalah ComPort, dapat didownload disini .
Walaupun sudah banyak yang menulis tentang cara instalasinya, tetapi tidak ada salahnya kita juga berikan disini. Sebelum anda menggunakan ComPort, install terlebih dahulu ComPort di Delphi 7 dengan cara berikut.
INSTALASI ComPort di Delphi 7.
  1. Buat folder baru di directory Delphi, beri nama, misalnya ‘comport’.
  2. Copy file di comport hasil download-an  ke dalam folder yang baru anda buat tadi.
  3. Tambahkan ke Library Path dengan cara pilih dari menu Tools à Environment Option sehingga muncul window seperti ini :
4. Pilih tab Library, kemudian pilih Library Path, klik pada kotak disebelah kanan
5. Klik tombol browse pada menu Greyed items denote invalid path, pilih folder yang tadi dibuat. Kemudian klik Add sehingga lokasi folder akan muncul di bagian Ordered list of Library paths.
6. Buka file CportLib7.dpk dari menu File à Open
7. Klik Compile.
8. Copy file CportLib7.dcu dari folder dimana anda menyimpan file CPort ke dalam Folder \System32.
9. Buka file DsgnCport7.dpk dari menu File à Open
10. Klik Compile, kemudian klik Install.
11. Jika sudah berhasil komponen ComPort terlihat di component pallete Delphi, disebelah paling kanan.
Nah kalau sudah terinstal kita bisa leluasa membuat program yang berbasis pada komunikasi serial, baik antar PC maupun PC dengan device yang lain seperti mikrokontroler. Materi yang akan datang kita praktekkan, kita gunakan mikrokontroler sebagai teman komunikasinya.

0 Response to " Akses port serial dengan Delphi 7 "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!