Bikin Digital Thermometer dengan Arduino

Lanjut lagi kita berkreasi dengan Arduino. Kali ini ini kita akan membuat alat pengukur temperatur atau suhu lingkungan. Kita buat secara mudah dengan Arduino ditambah sensor suhu.
LM35 adalah sensor suhu yang biasa dipakai, selain harganya murah juga mudah diperoleh di toko elektronik. Rangkaiannya juga simpel, seperti terlihat pada gambarberikut :
Sensor suhu LM35 mempunyai keluaran berupa tegangan dengan linearitas 10 mV/Celcius, artinya perubahan temperatur per 1 Celcius akan menyebabkan perubahan tegangan keluaran sebesar 10 mV. So tugas Arduino jadi gampang, cukup baca ADC trus hasilnya dikonversi menjadi tegangan (mV) trus tinggal dibagi 10 mV, ketemu deh nilai temperaturnya. Nih programnya :
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(2, 3, 4, 5, 6, 7);
int adc0,temp = 0; // variabel untuk menyimpan hasil A0
void setup()
{   
  lcd.begin(16, 2);
  lcd.print(“Temperature=   C”);
  lcd.setCursor(14,0);
  lcd.print(char(0xdf));
}
void loop()
{
  adc0 = analogRead(0);    // read the input pin
  temp=(adc0*5)/10;
  lcd.setCursor(12, 0);
  lcd.print(temp);  
  delay(1000);  
}
Jalannya program :
Pada LCD akan tampil tulisan “Temperature=29 C” dengan nilai temperatur tergantung suhu yang diukur. Cobalah berikan perubahan temperatur pada sensor, misalnya didekati dengan solder panas, amati temperatur yang terukur.


0 Response to " Bikin Digital Thermometer dengan Arduino "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!