Tutorial Membuat Aplikasi Database Dengan Delphi 7 Bag-1




Selamat malam agan-agan .. Gimana tampilan blog saya sekarang? Hehehe ..
Langsung aja tanpa banyak cingcong , mari membuat aplikasi database menggunakan borland Delphi 7.
Kenapa Delphi 7 ? Kenapa enggak ? Hehe ..
Sebagai gambaran umum  menenai aplikasi ini , saya contohkan dengan studi kasus sistem administrasi pada toko kelontongan.Dimana sistem administrasi disini berisikan penjualan , pembelian , laporan kas.Menggunakan Paradox SQL sebagai pangkalan databasenya.Kenapa paradox?Karena hanya paradox yang terinstall alias bawaan Delphi 7.Walaupun saya biasanya menggunakan XAMPP sebagai pangkalan database.Untuk orang awam , lebih mudah menggunakan paradox.Tapi,tutorial yang saya berikan tidak terlalu eksplisit dan mendetail.Hanya sistem administrasi dasar saja,silahkan agan-agan kembangkan sendiri.Katanya gak banyak cingcong?hehe ..
Okelah , let's Begin ..
Pertama , buat dulu folder pada local disk D (tolong , ikuti setiap penjelasan yang saya berikan) dengan nama Aplikasi toko.Lalu buat subfolder didalam folder sebanyak 3 buah dengan nama units , project dan DB.
Selesai?Lanjut dengan membuat dulu tabel pembelian , penjualan , kas dan lainnya dengan paradox.Bingung ?
Liat gambar ini yuk.

  
Bukan Apple , saya pake windows XP.Cuma skin aja!haha ..

Klik menu yang dilingkari maka akan muncul tampilan utama .Lihat gambar dibawah ini


Pilih tabel dan akan muncul pilihan database,pilih PARADOX 7.Maka akan muncul tampilan berikut.


Isikan field-filednya sebagai berikut :


Simpan dengan nama T_barang (lihat yang dilingkari merah)pada folder DB yang telah kita buat tadi.Buat tabel lainnya sebagaimana gambar dibawah ini.


 

Sudah ?
Yuph , untuk bagian pertama cukup dulu sampai disini.Anda telah berhasil membuat database untuk program anda.Tunggu postingan selanjutnya :)

0 Response to " Tutorial Membuat Aplikasi Database Dengan Delphi 7 Bag-1 "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!