Cara Mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW Mati


Era sekarang ini sudah sangat sulit mencari monitor jenis CRT yang baru. Hal ini dikarenakan semua produsen monitor telah beralih ke teknologi LCD bahkan sekarang sudah sampai ke LED yang jauh lebih irit daya dibandingkan dengan monitor jenis CRT. Disamping itu bahan dasar CRT makin susah diadakan sehingga ini membuat monitor CRT menjadi semakin langka.
LCD monitor Samsung 732NW adalah salah satu varian lama dari jenis LCD. Semakin lama umur LCD monitor semakin rentan dengan kerusakan akibat panas yang ditimbulkan oleh rangkaian yang bekerja di dalamnya. Salah satu kerusakannya adalah LCD monitor Samsung 732NW mati.
Ada beberapa indikasi kerusakan LCD monitor Samsung 732NW yang mati :
  • Layar LCD Samsung 732NW mati dengan lampu power juga mati.
  • Layar LCD Samsung 732NW mati dengan lampu power berkedip redup.
  • Layar LCD Samsung 732NW mati dengan lampu power menyala normal.
Peralatan yang dibutuhkan untuk mengatasi LCD monitor Samsung 732NW mati :
  • Obeng minus tipis.
  • Solder.
  • Timah / tenol.
Cara mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW mati :
  • Bongkar LCD monitor Samsung 732NW yang mati tersebut dengan mencongkelnya menggunakan obeng minus tipis. Awali dari bagian bawah agak pojok agar bekas songkelan tidak kelihatan. Karena biasanya songkelan pertama akan membuat bekas di casing. Lakukan dengan hati-hati agar bekas songkelan tidak terlalu parah. Yang jelas bekas songkelan pasti ada dan ini adalah satu-satunya cara untuk membuka LCD monitor Samsung 732NW yang mati ini, karena tidak ada sekrup di casingnya.
  • Setelah terbuka casingnya, ambil Modul Power Suplynya, karena kerusakannya ada di bagian ini.Cara Mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW Mati Image
  • Perhatikan komponen ELCO-nya, anda akan melihat ada sebagian elco yang melembung di dekat trafo power suplynya. Melembunganya elco ini akibat dari panas dan frekuensi tinggi yang bekerja pada rangkaian inverter dan rangkain lainnya.Cara Mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW Mati Image
  • Kerusakan elco ini menyebabkan dropnya tegangan dari 5 volt menjadi sekitar 3 volt atau dari 12 volt menjadi sekitar 8-10 volt. Dengan tegangan yang drop seperti ini, maka tidak akan kuat untuk menyalakan screen LCD nya dan Modul VGAnya.
  • Ganti elco yang melembung ini dengan ukuran yang sesuai atau lebih tinggi ukurannya lebih bagus. Misalnya ukurannya 870uF/16v dapat diganti dengan ukuran yang sama atau lebih tinggi, misalnya 1000uF/25v. Lebih tinggi ukurannya lebih bagus.
  • Monitor LCD samsung 732NW siap di coba.
Demikian cara mengatasi LCD monitor Samsung 732NW Mati. Oya, cara ini berlaku untuk merk LCD monitor lainnya. Semoga berhasil!

0 Response to " Cara Mengatasi LCD Monitor Samsung 732NW Mati "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!