Menyalakan Lampu menggunakan Remote TV


Pada postingan kali saya akan membahas mengenai Remote yang sering kita pakai untuk memindahkan channel Televisi, mematikan televisi, menghidupkan VCD dan sebagainya , kali saya ubah sebagai pengendali    peralatan elaktronik lainnya misal kita bisa menyalakan dan mematikan lampu yang ada di kamar dengan hanya menggunakan Remote TV, bukan hanya lampu saja yang bisa dikendalikan oleh remote ini tapi juga perlatan elaktronik yang lainnya seperti Kipas Angin, Radio Analog, lampu tidur, dan sebagainya yang berhubungan dengan peralatan elektronik. Nah untuk rangkaiannya sendiri sangat sederhana sehingga kita bisa dengan mudah membuatnya tanpa harus membeli produk yang sudah jadi yang kita tau sangat mahal harganya. dengan modal sedikit kita bisa membuat peralatan yang fungsinya sangat modern. Nah langsung aja saya kasih rangkaian nya di bawah ini .
Nah sekarang saya akan menjelaskan bagaimana kerjanya. Rangkaian diatas menggunakan sensor penerima khusus penerima sinyal IR dari Remote, namanya IRX 1738. IRX ini mampu menangkap sinar remote dengan jangkauan sampai 5 meter so jangan takut kalau misalkan kalian ragu dengan rangkaian ini. Nah jika Remote di pencet maka IRX akan mengalami perubahan dari low ke high sehingga situasi ini akan  di manfaatkan oleh transistor yang langsung membalikan lagi keadaan tadi dengan hampir penyempurnaan. Nah disini ada IC 4017 yang fungsinya untuk menggeser data, tapi fungsi disini adalah pergeseran data dari on ke off ke on dan seterusnya. sehingga output nya hanya ada mati dan nyala doang. terus output dari IC ini dihubungkan dengan Relay sehingga Relay akan aktif jika output dari IC on dan sebaliknya Relay akan off jika output dari IC kondisinya Off. Nah relay ini dihubungkan ke peralatan elektronik. 
Komponen :
IRX TSOP 1738
Res 47
Res 220K
Res 330K
Res 1K
Cap 100uF/16V
Led red and yellow
TR BC558
TR BC548
Diode IN4007
IC CD 4017
Relays 5V for 220V AC

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!