IC MAX232 untuk mikrokontroler



Pengubahan tingkat tegangan listrik dari tingkat serial CMOS/TTL ke tingkat tegangan RS-232 seringkali gampang-gampang susah untuk dilakukan. Gampang karena sekarang sudah banyak tersedia IC yang sudah siap pakai tetapi susah karena kadang orang lupa dan salah melakukan konfigurasi jalur komunikasi.
Joe Pardue, seorang guru penggunaan mikrokontroler dan pemilik situs SmileyMicros.com menyatakannya sebagai berikut:
… Notice that there is a bit of relativity in this equation, the microcontroller’s RXD wire is the PC’s TXD wire and vice versa. I can’t count the number of times I’ve done stupid things like connecting the microcontroller’s RXD pin to the DB-9 RXD pin, because I didn’t think ‘RXD – receive – relative to what?’
Tulisan lengkapnya Quick Start Guide for Using the WinAVR Compiler with ATMEL’s AVR Butterfly, dapat diunduh di sini: http://www.smileymicros.com/QuickStartGuide.pdf


Konfigurasi rangkaian

IC Maxim MAX 232;


Salah satu konfigurasi MAX232 yang paling mudah untuk diikuti adalah yang terdapat di www.coolcircuit.com sebagai berikut:


Pilihan lain adalah modifikasi kecil yang saya lakukan pada seperti pada gambar berikut:



Adapun pinout alias pin mapping untuk konektor (socket maupun plug) DB-9 adalah sebagai berikut:


Sumber gambar: USB RS232 Level Conversion – Smiley Micros (Joe Pardue)


Sumber gambar tabel: www.zytrax.com


USB to serial converter driver

Untuk penggunaan di OS GNU/Linux semisal Ubuntu biasanya unit konverter tidak memerlukan driver tambahan. Untuk sistem berOS Windows (uji pada XP SP3) driver biasanya perlu di-install sendiri.


Salah satu produk yang dulu cukup banyak saya temui di pasaran adalah BAFO BF-810. Driver untuk unit ini dapat di cari di situs resminya atau di sini.


Produk ini cukup sering ditemui di pasaran dan harganya biasanya lebih murah dari BF-810. Driver yang saya pakai dapat di download di sini.

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!