Pelindung PCB Homebrew (Jus Gondorukem)



Permasalahan yang saya hadapi setelah membuat PCB homebrew adalah setelah dibiarkan beberapa waktu maka lapisan tembaga PCB akan teroksidasi. Permukaan logam yang semula mengkilap menjadi kusam dan berubah warna kadang-kadang menjadi kehitaman. Rangkaian yang sudah jadipun dengan berjalannya waktu lapisan PCB-nya akan teroksidasi, terlebih dalam kondisi lembab bisa muncul karat berwarna kehijauan.
Dulu sewaktu masih SMP saya sering membaca di majalah Elektron ada spray khusus pelapis PCB buatan Jerman dengan fungsi melindungi lapisan tembaga dari korosi dan memudahkan proses penyolderan, tetapi waktu itu tentu hanya menjadi angan-angan saja bagi saya untuk memilikinya.
Ketika saya memulai lagi hobi homebrew ini permasalahan yang sama muncul kembali, tetapi kali ini saya bisa terbantu oleh kehadiran internet dengan beraneka ragam informasi di dalamnya.
Saya sudah lupa dimana memperoleh informasi ini tetapi saya sempat membaca cara melindungi PCB menggunakan gondorukem, saya coba dan saya praktekkan yaitu sebagai berikut :
1. Ambil botol kaca / gelas ukuran 100 ml kurang lebih. Cari yang ada tutupnya logam berulir. Punya saya pakai botol bekas obat batuk hitam, silahkan pakai botol bekas apa saja tidak akan mempengaruhi hasilnya.
2. Isi botol dengan thinner untuk cat kira-kira 80 %, pokoknya tidak penuh begitulah kira-kira.
3. Ambil gondorukem, atau di toko besi / bangunan kadang-kadang disebut siongka (salah satu campuran untuk plitur).  Bentuknya berupa kristal berwarna kekuningan. Jumlahnya yang dibutuhkan jika dipadatkan kira-kira berukuran 1 cm x 1 cm x 1 cm. Hancurkan sehingga berbentuk tepung halus. Caranya bisa ditumbuk (resiko sebagian hilang terlontar kemana-mana), atau diiris/dikikis sedikit-sedikit menggunakan pisau.
4. Masukkan sebagian bubuk gondorukem ke dalam botol berisi thinner lalu botol ditutup rapat dan dikocok-kocok sampai kristal gondorukem larut. Demikian terus diulangi sampai bubuk gondorukem habis atau mulai ada kristal yang tidak larut.  Selesai.
5. Beri label pada botol dan tulisan peringatan, kemudian simpan di tempat yang aman jauh dari jangkauan anak-anak. Jangan sampai larutan ini diminum secara tidak sengaja.


Gambar :  Gondorukem ( Gum Rosin ) Contoh Produksi Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani).  Berasal dari pemasakan getah pohon Pinus merkusii.

Cara penggunaan larutan ini adalah dengan dioleskan merata pada permukaan tembaga PCB homebrew dengan menggunakan kuas. Setelah beberapa menit maka permukaan PCB akan mengering dan tampak mengkilap indah sekali dan terhindar dari korosi. Waktu PCB digunakan dan kita menyolder kaki-kaki komponen akan lebih mudah, tidak perlu menambah gondorukem lagi sebagai teman bagi timah solder.  Pengolesan larutan otomatis akan menghapus bekas-bekas sidik jari, bekas telapak tangan atau bekas telapak kaki waktu menggergaji PCB sehingga hasilnya pasti kinclong, mengkilat Broo . . .
Jangan lupa larutan ini sebelum diminum, eh . . . sebelum digunakan, harus dikocok dulu agar kekentalannya merata dan hasil olesannya pada PCB juga seragam.
Demikian rekan-rekan, sekedar mencatat kembali untuk acuan sewaktu-waktu dibutuhkan, semoga bermanfaat.
Catatan :
Jumlah 100 ml ini buat saya sudah cukup banyak dan rasanya tidak habis-habis, silahkan kalau ada yang akan membuat 1 liter hehehe . . .
Dilarang  pakai botol bekas Mansion House atau Vodka atau Topi Miring.  Baru pakai botol OBH saja gambarnya sudah goyyyangng  begini nih . . .


Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!