Series Modulator dengan PWM



Setelah puas mencoba rangkaian Modulator Seri menggunakan LM 741 maka saya tertarik membaca kabar dari Kang Paimo untuk mencoba rangkaian Pulse Width Modulator (PWM) khususnya iming-iming pemancar punya Mbah Mangun.  Kelemahan rangkaian sebelumnya yang hanya bisa menyediakan pasokan kepada Final kurang lebih sebesar 50 % dari tegangan yang diberikan mendorong untuk mencoba rangkaian PWM, siapa tahu tegangan bisa full dan hasilnya lebih JOSSSS.
Pencarian skema yang sesuai membawa saya ke rangkaian Flyback Driver yang bisa dimodulasi audio dengan menggunakan IC TL 494 sehingga gabungan rangkaian dengan penguat Mic yang akan dicoba sebagai berikut :

Rangkaian siap dicoba  . . . . .
Rangkaian digabungkan dengan QRP Tx yang sudah dipakai untuk percobaan Modulasi Seri dengan LM 741 sehingga bisa dibandingkan antara keduanya.
HASIL  PERCOBAAN  :
1.  Rangkaian di atas bisa digunakan untuk modulasi AM dan bisa termonitor pada radio kempitan.
2.  Kualitas suara kurang jernih.  Kualitasnya kira-kira 70 % dari rangkaian modulator LM 741.
3.  Tidak ada fasilitas pengaturan tegangan output di emittor transistor seri.  Harapan semula bahwa tegangan bisa mendekati tegangan supply tetapi ternyata dengan supply 12 Volt hanya diperoleh tegangan sekitar 7 Volt yang bisa sampai di Final.  Rangkaian dengan LM 741 ( Update ) mempunyai fasilitas pengaturan yang lebih baik.
4.  Power sinyal yang dihasilkan berkebalikan dengan intensitas modulasi, dimana ketika modulasi keras maka sinyal justru berkurang.  Ada kemungkinan hal ini disebabkan rangkaian PWM di set pada konfigurasi bridge dengan 2 jenis output yang berlawanan fase yaitu pada pin 9 dan 10.  Apabila output diambil dari pin 10 mungkin dinamika sinyal akan naik turun mengikuti modulasi audio (saya belum mencobanya  :(  ).
5.  Pancaran sinyal termodulasi yang dimonitor pada radio kempitan mengandung banyak harmonik, diduga disebabkan gelombang modulasi output dari PWM berbentuk gelombang persegi.  Mungkin seharusnya output dari PWM atau transistor seri diberi low pass filter sebelum diumpankan ke Final.
Kesimpulan sementara :  Lebih baik menggunakan Series Modulator LM 741.
Silahkan lihat hasil Percobaan berikutnya :  Series Modulator PWM ala WA7JHZ, pasti cocok untuk Anda pergunakan  :)

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!