Amplifier Klas A


Salah satu kerugian dari Amplifier klas A adalah, bahwa selalu terdapat/mengalir arus DC pada pin kolektor. Oleh karna itu dissipasi tenaga transistor tinggi, walaupun sedang tidak ada sinyal masuk yang akan diperkuat. Salah satu contoh Amplifier klas A adalah seperti gambar dibawah ini:
Kinerja Amplifier klas A tunggal ini hanya kira-kira 50%, selain itu mempunyai harmonis yang mengakibatkan cacat (distorsi) sampai 5%, distorsi tersebut disebabkan karena bagian nonlinier arus kolektor akan bertambah menurut bertambahnya arus basis pada bagian non-linier itu juga. Untuk penguatan tenaga yang cukup besar maka distorsi itu cukup jelas terdengar.
Amplifier Klas A Push-Pull (Balance)
Untuk memperoleh daya yang lebih besar dari klas A maka dapat di terapakan menggunakan sistem Push-Pull (Balance). Dengan menggunakan sistem ini mempunyai beberapa keuntungan, misalnya:
1. Dapat menghilankan distorsi
2. Dapat menghasilkan Output yang lebih besar
3. Dapat menghilangkan efek jenuh DC pada tranformator
Contoh rangkaian klas A Push-Pull (Balance) seperti di perlihatkan pada skematik gambar dibawah ini:
Dalam rangkaian tersebut sinyal input yang masuk kemasing - masing penguat itu sama besarnya dan berbeda fasa. Transformer yang di gunakan juga khusus untuk penguat Push-Pull, yaitu gulungan primernya terdiri dari dua bagian atas dan bawah yang keduanya mempunyai impedansi yang sama (tansformator center-tap). Gulungan sekundernya yang akan dihubungkan ke sepeker sama dengan transformer OT biasa.
Demikan sekilas mengenai Amplifier klas A dari catatan saya... semoga bermanfaat

0 Response to " Amplifier Klas A "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!