Melilit Trafo Trifilar dengan Ferrit


Rekan-rekan radio amatir khususnya "homebrewer" sering dihadapkan dengan rangkaian transceiver yang memakai lilitan trifilar (biasanya untuk dioda balance mixer). Sebenarnya cara melilit trifilar sudah sering diulas, tapi nggak ada salahnya saya mencoba menyampaikan lagi untuk rekan-rekan homebrewer. Sebelumnya lihat pada gambar contoh di atas simbol pada skema yang menggunakan trafo trifilar. Simbol skema TRIFILAR 1 dan TRIFILAR 2 sebenarnya identik. Jadi merupakan trafo yang memiliki bagian "primer" dan "sekunder" dan mempunyai center tap (A'+B') pada bagian "primernya". Selain itu kawat digulung secara bersamaan dan mempunyai jumlah gulungan yang sama antara bagian "primer" dan "sekunder".

Untuk melilit trafo seperti ini bisa dengan cara berikut :
1. Gabungkan 3 (tiga) kawat email, lalu diplintir secara bersamaan (panjang dan diameter kawat disesuaikan kebutuhan).
2. Lilitkan pada ferit "hidung babi" dengan jumlah lilitan sesuaikan dengan kebutuhan. Hati-hati...email jangan tergores pinggiran ferit "hidung babi" (KALO KONSLET...trafo nggak bisa bekerja)
3. Pisahkan ketiga kawat dari "plintiran" lalu tentukan ujung-ujungnya dengan AVO meter.
4. Langkah terakhir, buat CT (center tap) dengan menghubungkan kaki-kaki kawat seperti pada gambar.

Selamat mencoba. Semoga manfaat.... 

0 Response to " Melilit Trafo Trifilar dengan Ferrit "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!