Short Mold Cause of Nozle or Sprue Bush Damage

 

Masalah Short Mold Karena Aus pada Nozle atau Sprue Bush
Untuk membuat suatu produk yang baik pada proses injeksi plastik dibutuhkan beberapa faktor untuk menjamin hal tersebut. Faktor tersebut terbagi menjadi 2 bagian besar, yaitu Faktor Yang Dapat Disetting dan Faktor Kondisional. Adapun Faktor Yang Dapat Disetting terdiri dari Waktu [Time], Tekanan [Pressure], Jarak [Switch], Suhu [Temperature], dan Kecepatan [Velocity]. Sedangkan Faktor Kondisional terdiri dari Kondisi Cetakan [Mold dan Kondisi Mesin. Semua itu bermuara pada tujuan untuk mampu menghantarkan material plastik cair memenuhi ruang yang disediakan Mold dalam waktu dan jumlah proporsional untuk menghasilkan produk yang baik sesuai dengan yang kita inginkan baik secara Tampilan [Appearance] maupun secara Dimensi [Dimension].
Dari segi kondisional, kita ambil kondisi Mesin itu sendiri yang diwakili oleh Nozle, dan kondisi pada bagian tertentu dari Mold yaitu Sprue Bush. Dimana pertemuan antara Nozle dan Sprue Bush menyinggung masalah aliran material plastik cair. Titik paling riskan dari keduanya adalah titik sentuh, yang apabila terdapat aus atau keadaan cacat pada salah satu atau keduanya, maka hal ini menimbulkan masalah kebocoran material [material leakage] yang pada akhirnya menimbulkan masalah Short Mold yang permanent pada produk yang dihasilkan. Kebocoran material disini tentunya juga terjadi penggembosan Tekanan Injeksi secara aktual [Actual Injection Pressure Drooped], sehingga tekanan yang dibutuhkan tidak maksimal membentuk produk.
Tindak lanjutnya jelas harus dilakukan penggantian Nozle atau Sprue Bush dengan yang baru. Atau bisa juga dibubut ulang dengan ketentuan yang ditetapkan pada pembahasan sebelumnya mengenai Nozle dan Sprue Bush.
Untuk mencegah kejadian serupa, maka harus mencari tahu kenapa sampai terjadi aus pada Nozle atau Sprue Bush tersebut. Ini yang lebih penting, guna kelangsungan operasi yang terganggu gara-gara masalah sepele yang mengakibatkan aus pada Nozle atau Sprue Bush. Bisa jadi karena membiarkan Nozle dan Sprue Bush tidak senter, sehingga lama-kelamaan menjadi aus. Bisa juga karena penanganan Runner yang Stuck pada Sprue Bush dengan menggunakan sembarangan batangan metal [yang seharusnya lebih lunak dari material Sprue Bush, misalnya kuningan]. Atau bisa juga kebiasaan-kebiasaan yang dianggap sepele yang berakumulasi dan berakibat pada ausnya Nozle atau Sprue Bush. Maka pengawasan dan peringatan tertulis bisa dijadikan pedoman.

0 Response to " Short Mold Cause of Nozle or Sprue Bush Damage "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!