Tang Meter Sederhana

Pengertian Tang meter.

Pada sebuah sirkuit tertutup pada tegangan AC,disepanjang penghantar (kabel) akan terbentuk medan listrik yang besarnya sebanding dengan beban listrik tersebut. Pada gambar dibawah berikut, pada titik uji A-B jika diukur medan listrik yang terbentuk akan semakin besar jika semakin besar daya lampu yang hidup. Dengan kata lain semakin besar arus yang melewati penghantar semakin besar pula medan listriknya.




Tujuan kita disini adalah bagaimana mengukur arus listrik tanpa harus memotong titik A-B kemudian memasang sebuah ampere meter. Tapi dengan mengukur arus pada titik A-B tanpa memotongnya. Pada titik tersebut yang bias diukur hanya kuat medan listrik.

Prinsip Kerja.
Salah satu cara adalah dengan mengubah medan listrik tersebut menjadi tegangan listrik. Cara sederhana konversi medan listrik ke tegangan listrik adalah dengan memakai induktor magnetik.
Untuk induktor magnetik terdiri dari sebuah gulungan kawat tembaga dengan inti besi tertutup.
Bahan2:
1. Sebuah transformator 3A bekas (hanya diambil besinya, cari trafo yang besinya ada lubang bautnya)
2. Sebuah transformator 250mA (hanya diambil kumparannya, harus masih bagus).

Trafo 3A bekas dg baut pada besinya:



Trafo 250mA:



Langkah-langkah:
Bongkar semua besi kedua trafo dengan hati2. Jangan sampai merusak besi maupun gulungan kawatnya. Trafo 3A nanti hanya diambil besinya. Besi trafo tersebut ada 2 macam, yaitu berbentuk ‘E’ dan ‘I’. Yang akan kita gunakan hanya yang ‘I’nya saja.



Bongkar juga trafo 250mA dengan hati2. Nanti akan kita ambil gulungan beserta kawatnya utuh. Seperti gambar dibawah.




Ambil semua besi ‘I’ dari trafo 3A, bagi menjadi 4 sama banyak, kemudian bentuk sedemikian rupa seperti gambar berikut.








Sambungkan dengan baut supaya kuat.
Kemudian ambil gulungan kawat dari trafo 250mA dan masukkan dalam besi ‘I’tadi menjadi seperti dibawah ini.



Pada gambar diatas, ujung besi yang terbuka sebagai jalan menyelipkan/memasukkan penghantar/kabel yang akan diukur arusnya. Jika kabel sudah didalam lingkaran (kotak) besi magnet,jepit hingga rongga itu menutup supaya medan listrik penuh tertutup dalam lingkaran besi.
Berikan beban dan aliran listrik pada sirkuit (gambar pertama diatas). Dengan multi meter, coba ukur tegangan yang dihasilkan gulungan. Multimeter pada skala VAC paling kecil. Pada gulungan ambil yang gulungan primer, yaitu yang ada tegangan 0-110-220. Ukur pada titik 0-110 dan 0-220. Jika berhasil maka akan terukur tegangan listrik pada titik itu, meskipun kecil. Tegangan akan semakin terbaca jika daya pada beban/lampu lebih besar.

0 Response to " Tang Meter Sederhana "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!