Rangkaian Pembatas Tegangan

Konsep dasar yang digunakan dalam Rangkaian Pembatas Tegangan (Voltage Limitter) ini adalah D1 dan D2 yang di pasang pada sebuah komparator tegangan dari Op-Amp. Aplikasi rangkaian Rangkaian Pembatas Tegangan (Voltage Limitter) dengan komparator ini sering diterpakan pada alat ukur sinyal analog berbasis digital seperti frekuensi meter atau frekuensi counter. Untuk Aplikasi TTL D1 dan D2 pada rangkaian “Rangkaian Pembatas Tegangan (Voltage Limitter)” ini dapat menggunakan diode zener 5Volt supaya sesuai dengan kebutuhan sistem TTL. Rangkaian “Rangkaian Pembatas Tegangan (Voltage Limitter)” ini juga dapat digunakan untuk aplikasi mikrokontroler sebagai rangkaian zero crrosing detector untuk driver SCR atau TRIAC.

Rangkaian Pembatas Tegangan (Voltage Limitter)

Voltage Limitter With Op-Amp Comparator,voltage limitter,pembatas tegangan,rangkaian pembatas tegangan,teori pembatas tegangan,pembatas tegangan dengan komparator,op-amp sebagai pembatas tegangan,pembatas tegangan dengan op-amp dan diode,membuat pembatas tegangan,aplikasi pembatas tegangan
Pada Rangkaian Pembatas Tegangan (Voltage Limitter) diatas besarnya level output (Vo) dibatasi (limitter) oleh nilai diode zener yang terpasang, dimana nilai tegangan diode zener adalah Vz dan tegangan drop diode zener adalah Vd maka berlaku rumusan berikut.
  • Pada waktu Vo turun ke level negatif maka D1 menjadi forward bias dan D2 menjadi breakdown, maka berlaku persamaan berikut.
Vo = Vz+Vd1
  • Pada waktu Vo naik ke level positif sehingga D2 forward bias dan D1 menjadi breakdown, maka berlaku persamaan berikut.
Vo = Vz+Vd2
  • Sehingga output rangkaian secara keseluruhan (Vo) adalah +(Vz + 0,7) dan +(Vz + 0,7)
Semoga artikel tentang “Rangkaian Pembatas Tegangan (Voltage Limitter)” yang sedikit ini dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi pengunjung.

0 Response to " Rangkaian Pembatas Tegangan "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!