Keran atau Katup Gas sebagai Pengaman Konverter Kit LPG

Keran atau Katup Gas sebagai Pengaman Konverter Kit LPG

Gas LPG mempunyai sifat hampir sama dengan bensin, sangat mudah menguap dan mudah terbakar. Pada suhu ruangan gas LPG berwujud gas sedangkan bensin bentuknya cair, oleh karena itu tidak boleh ada kebocoran. Pada saat mesin mati atau tidak digunakan tidak boleh ada gas LPG yang keluar.dari sistem Konverter Kit. Oleh  karena itu diperlukan suatu alat yang dapat menutup saluran gas LPG selama mesin tidak digunakan, alat ini disebut Katup gas atau Keran gas.
Keran gas pada kebanyakan sistem Konverter Kit LPG biasa disebut: Fuel-LockOff. Ada tiga jenis keran gas yang biasa digunakan untuk Konverter Kit yaitu Keran Gas manual, Katup Selenoid dan Katup Vakum.

Keran Gas Manual
Untuk mesin dengan ukuran kecil seperti generator bisa kita gunakan kran gas biasa yang dioperasikan secara manual. Keran gas ini bisa juga kita gunakan pada sepeda motor, tapi hanya untuk masa percobaan atau pengujian saja, tidak disarankan pada penggunaan sepeda motor sehari-hari.

Gambar 1. Keran gas manual

Pada pemakaian Sepeda Motor sehari-hari diperlukan keran gas yang bekerja otomatis, menutup saluran gas pada saat mesin mati atau tidak digunakan dan membuka pada saat mesin hidup.Sebagai alternatif alat yang bisa digunakan adalah: Katup Selenoid dan Katup Vakum.
Katup Selenoid
Katup Selenoid bekerja dengan menggunakan listrik dc 12 volt, Pada Sepeda Motor Katup Selenoid ini diaktifkan dengan Kunci Kontak atau Ignition Swicth. Katup membuka pada saat kunci kontak ON, dan menutup pada saat kunci kontak OFF, jadi sedikit lebih aman dibandingkan dengan Kran gas manual dimana kita bisa lupa menutupnya.
Gambar 2. Katup Selenoid
Katup Vakum atau Vacuum Valve
Vacuum Valve, alat ini yang paling aman dan paling ideal digunakan pada sistem Konverter Kit. Tapi kita sulit untuk mendapatkan alat ini dipasaran yang sesuai untuk keperluan Konverter Kit. Vacuum valve bekerja hanya jika ada putaran pada mesin, dimana tekanan vakum pada intake manifold akan mengaktif kan Vacuum valve ini. Jadi sekalipun Kunci kontak ON, jika kita belum men-start mesin, baik dengan starter elektrik ataupun dengan pedal kick starter Vacuum valve belum aktif atau masih menutup. Jadi lebih dan paling aman.

Gambar 3. Vacumm Valve

Gambar 4. Skema dasar sebuah Vacuum valve

Gambar dan cara membuat Katup Vakum (vacumm valve) bisa dilihat di Membuat Katup Vakum untuk Konverter Kit

Pada Konverter Kit komersial, Vacuum valve ini dibuat bersatu dengan Regulator menjadi satu modul saja. Di bawah ini adalah gambar salah satu contoh sebuah Regulator yang sudah memiliki Vacuum valve.

Gambar 5.
Cara penggunaan vacumm valve ini bisa dilihat di sini: Vacumm valve, aman dan mudah

0 Response to " Keran atau Katup Gas sebagai Pengaman Konverter Kit LPG "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!