Microcontroller PART I


Jika sudah mempelajari tentang seluk-beluk pemrograman bahasa C langkah selanjutnya adalah “ mulailah mencoba” atau saatnya beraksi. Permasalahan klasiknya adalah “dari mana dulu??”. Nah lo.. dari mana?. “ apa dulu yang di kerjakan?.. “ nulis apa dulu?”. oke.. oke.. gak usah bingung. Mari kita bahas satu-persatu.
Membuat program / code pada dasarnya adalah untuk memecahkan masalah. Panjang pendeknya program dan bentuk program tidak dipermasalahkan yang terpenting adalah program tersebut dapat menyelesaikan masalah yang ada. Lalu masalahnya apa?.
Contoh :
Membuat led menyala berjalan:
masalahnya adalah bagaimana membuat beberapa buah lampu led agar seolah-olah menyala berjalan !!!.

setelah mengetahui masalahnya selanjutnya kita identifikasi masalah tersebut, kita harus membuat/ mengetahui/membayangkan skematik hardwarenya.
Misal:
               
Dari skema diatas dapat di identifikasi 8 buah led terhubung di PORTC.0 sampai PORTC.7 led akan menyala jika output PORT berlogika 1. ditambah ada 3 saklar di PORTB.0, PORTB.1 dan PORTB.2 (tambahan saja). PORT yang ke tombol akan berlogika 0 jika tombol ditekan.
Hardware dah tau.. terus?.
Langkah selanjutnya adalah membuat/membayangkan/memikirkan/melamunkan logika berfikir cara kerjanya. Kita harus berfikir sistematis bagaimana 8 led tersebut agar nampak menyala berjalan.
misal Logikanya adalah seperti ini:
pertama matikan semua led kemudian tunda beberapa saat. Selanjutnya nyalakan led di PORTC.0 kemudian tunda dulu beberapa saat. Setelah itu matikan led di PORTC.0 dan nyalakan Led di PORTC.1 kemudian tunda lagi beberapa saat.. lanjut matikan led di PORTC.1 dan nyalakan led di PORTC.2 tunda lagi beberapa saat.. dan seterusnya sampai led di PORTC.7 menyala kemudian tunda, selanjutnya ulangi lagi dari langkah pertama.. begitu seterusnya selamanya..
programnya gimana???.

0 Response to " Microcontroller PART I "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!