Panduan Instalasi Konverter Kit LPG (bagian 1)


1. Memasang Naple pada Karburator
Tahap pertama pada instalasi Konverter Kit LPG Dual Fuel/Hibrid adalah memasang naple pada karburator bensin. Naple ini digunakan sebagai jalan masuk gas LPG menuju mesin pembakaran. 
Ukuran Naple
Besarnya naple (bagian drat dan lehernya) harus disesuaikan, jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil. Bagian lehernya sesuikan dengan ukuran selang yang akan kita gunakan. Ukuran ideal untuk naple ini adalah: ukuran drat M5 (5 mm) dan ukuran leher naple 5 mm. Ukuran leher 5 mm cocok untuk ukuran selang dengan diameter dalam 2-3 mm.

Gambar 1. Naple kecil

Posisi Pemasangan Naple
Hal yang cukup penting adalah saat gas LPG masuk pada bagian mesin diusahakan agar semua gas LPG masuk kebagian mesin bersamaan dengan masuknya udara luar lewat filter udara. Agar menjamin gas LPG masuk semua kebagian mesin adalah usahakan pemasangan Naple sedekat mungkin dengan skep pada karburator. Makin dekat makin baik, karena memberikan respon yang baik pada putaran mesin. Jadi posisi pemasangan naple bisa dilakukan pada bagian antara mulut karburator sampai dengan skep. Jangan memasang naple antara skep dan mesin, misalnya pada intake manifold.

Gambar 2. Posisi pemasangan naple gas LPG masuk pada Pulsar

Lubang untuk Pemasangan Naple
Untuk memasang naple diperlukan lubang yang sesuai. Cara yang biasa saya lakukan adalah: 
  1. Untuk semua karburator jenis slide karburetor atau variable venturi (cirinya skep langsung ditarik oleh kabel trottle) saya biasanya memanfaatkan lubang as atau poros choke. Dengan alasan choke ini jarang bahkan tidak pernah digunakan, sehingga tidak perlu membuat lubang baru. Jadi karburator tetap 'utuh', bisa dikembalikan pada keadaan semula. Karburator jenis ini biasanya digunakan pada sepeda motor jenis bebek.
  2. Untuk semua karburator jenis constant velocity (karbu vakum) saya biasanya membuat lubang baru dengan cara dibor kemudian ditap (M5). Karburator jenis ini biasanya digunakan pada sepeda motor jenis matic atau jenis bebek dan sport keluaran tahun lebih baru.
Cara Pemasangan Naple pada Karburator
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat pemasangan naple ini. Yang penting adalah naple terpasang kuat pada karburator. Jangan sampai lepas saat digunakan. Idealnya gunakan tap pada lubangnya dan dilem saat pemasangannya. Jika terpaksa hanya menggunakan lem, maka gunakan lem yang bagus atau kuat.

Pemasangan Naple pada Honda SupraX 125

Pemasangan naple ini hampir sama untuk semua jenis motor, karena itu saya berikan satu contoh saja. Ini adalah salah satu contoh proses pemasangan naple pada Honda SupraX 125. 

Gambar 3. Buka cover bagian kanan dan kiri

Gambar 4. Buka atau lepaskan bagian Karburator

Gambar 5. Karbuator sudah dilepaskan

Gambar 6. Lepaskan semua bagian 'Choke'

Gambar 7. Komponen Choke sudah dilepaskan
Gambar 8. Pasang naple pada lubang bekas as/poros choke
Gambar 9. Naple gas masuk sudah terpasang

0 Response to " Panduan Instalasi Konverter Kit LPG (bagian 1) "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!