Lampu Taman Otomatis Solar Panel

Setelah sebelumnya saya posting mengenai Rangkaian Lampu Taman Otomatis Solar Panel, yang begitu sederhana. Kali ini saya ingin menambahkan rangkaian yang sama dengan type transistor yang berbeda. Dan sekaligus rangkaian ini sebagai penyempurnaan dari rangkaian sebelumnya. Kekurangan dari rangkaian sebelumnya adalah pemakaian resistor yang menuju basis nilai tahanannya terlalu besar sehingga tidak cukup kuat untuk transistor bekerja. Sehingga ada sobat Facebook yang menemui kegagalan. 
Kali ini saya menambahkan rangkaian Lampu Taman dari sumber lain dengan Transistor jenis NPN dan komponennya mudah didapat di pasaran seperti Transistor BC 547. Harganyapun cukup murah cuma Rp. 500/buah. Rangkaian Lampu Taman Otomatis ini mudah sekali merangkainya karena hanya beberapa komponen saja. Rangkaian ini cukup populer dan sangat hemat energi karena menggunakan solar cell dan bisa mengisi baterai. 

http://talkingelectronics.com
Ada 3 pilihan rangkaian yang bisa anda coba, yang pertama dengan transistor jenis NPN BC547 dengan menggunakan 5 lampu LED Baterai 4.5volt. Rangkaian yang kedua  yaitu dengan menggunakan transistor jenis PNP BC557 dengan 5 lampu LED, dan rangkaian yang ketiga adalah rangkaian yang sama persis dengan rangkaian yang pertama namun dengan jumlah Lampu yang lebih banyak yakni 15 Led dengan demikian membutuhkan tenaga yang lebih besar lagi pada baterainya. Untuk rangkaian yang ketiga ini harus menggunakan baterai 12volt. Solar panelpun harus ditambah agar bisa mengisi baterai yang sesuai yakni sekitar 12volt pula. 
Untuk Baterai 4.5 Volt bisa anda ganti dengan baterai HP bekas yang 3.7 volt daripada membeli baterai charger lain yang harganya lebih mahal. Untuk LED digunakan yang warna putih terang sehingga nyalanya lebih terang. Selamat mencoba!

0 Response to " Lampu Taman Otomatis Solar Panel "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!