Ponsel / HP jadul sebagai Saklar jarak jauh

Pada saat ini hampir semua orang menggunakan HP sebagai alat komunikasi dan menjadi barang yang tidak mewah karena sangat mudah diperoleh harganyapun bervariasi dari yang low end sampai eksklusif sekalipun. Bahkan banyak orang memiliki gadget lebih dari satu yang sering bergonta ganti atau hanya disimpan saja sebagai koleksi, yang sering terjadi hape keluaran terdahulu dimana masih menggunakan layar monochrome dan dering monoponik sudah tidak diminati lagi kalau di pasar loakan harganya dibawah 100 ribuan.
Bagi orang yang mempunyai hape jadul dan tidak ingin menyingkirkannya, bisa difungsikan sebagai saklar untuk menghidupkan dan mematikan peralatan elektronik di dalam rumah dengan menambahkan beberapa rangkaian tambahan. Saklar yang berupa rangkaian ini dapat dikendalikan dari jarak sangat jauh sekalipun, ketika kita sedang bepergian ke luar kota.
HP yang akan digunakan haruslah mempunyai fitur yang dapat memfilter nomor panggilan yang bisa menghubungi ponsel tersebut, karena sekarang banyak sekali nomor hp tak dikenal yang sengaja digunakan orang – orang iseng atau sebagai modus penipuan.
Rangkaian dan komponen yang dibutuhkan untuk remote / saklar jarak jauh :

- Power Supply , dengan memakai adaptor 12 V – DC dapat diperoleh di toko elektronik atau merakit sendiri.
pwrsupre
Komponen : Trafo step down 12 V – 500 mA, Dioda 1 A – 4 bh, Capasitor 1000 mikro F/16 V, IC LM7812

- Trigger, rangkaian yang berfungsi mengubah pulse atau dering yang berasal dari buzzer hape menjadi tegangan DC
rangk.trigger
Komponen : VR / trimpot 10 K, C 47 mikro F / 16 V, Transistor T1 = T2 = C 557, Relay 12 V, Dioda
Rangkaian trigger akan mengalirkan arus dan mengaktifkan relay yang merupakan switch elektronik sehingga membuat saklar tertutup / on pada saat HP berdering dan akan off lagi apabila dering berhenti, ibaratnya seperti saklar push on pada bel pintu.

- Saklar Relay Driver , rangkaian diatas sama-sama menggunakan relay akan tetapi sifatnya hanya sebagai temporary swith yaitu hanya akan aktif jika dering HP dari buzzer yang mentrigger transistor penguat. Untuk mengontrol relay on atau off maka digunakan rangkaian driver/buffer yang berguna mengaktifkan relay apabila HP berdering satu kali , dan akan mematikan relay kalau berdering sekali lagi begitu seterusnya.
rangk.saklar relay
Komponen : IC 4069, Resistor 10 K, R 100 K, C 100 nF, Transistor 2N4401, Relay 12 V, Dioda

- HP dan Sumber Arus pengganti batery, digunakan sebagai power supply hape yang digunakan untuk jangka panjang . Karena HP menggunakan tegangan lebih kecil daripada rangkaian diatas maka harus disesuaikan dengan tegangan yang tertera pada batery HP
zenerd
Komponen : Resistor 10 ohm – 100 0hm / 1 W, Dioda Zener sesuaikan tegangan batery 3,7 V- 5 V

Rangkaian yang merupakan modifikasi HP ini dapat digunakan berbagai keperluan antara lain :
- Menyalakan dan mematikan Lampu penerangan , hanya dengan satu kali miscall untuk menghidupkan lampu dan miscall satu kali lagi agar lampu mati.
- Menghidupkan pompa air dari jarak jauh, misalnya kita mau mengisi air kolam ikan atau menyiram rumput dan tanaman pada pagi dan sore hari sedangkan kita berada di luar kota dapat memanfaatkan hape kita.
- Menyalakan dan mematikan kipas angin, kompressor dan berbagai peralatan elektronik lainnya.
- Untuk keperluan yang lebih kompleks misalnya menghidupkan webcam atau kamera pengintai yang bisa dimonitor dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet .

FOTO RANGKAIAN :
rANGKAIAN


SELAMAT MENUNAIKAN PUASA BLN RAMADHAN 1433 H,
SEMOGA AMAL IBADAH KITA DITERIMA.., AMIEN


REFERENSI : BERBAGAI SUMBER

Rangkaian Saklar On Off Relay ( sebagai alternatif ) :



0 Response to " Ponsel / HP jadul sebagai Saklar jarak jauh "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!