Tenaga Surya

Lampu Taman Otomatis Tenaga Surya. Lampu Taman ini rangkaiannya cukup sederhana namun bisa bekerja dengan baik dan otomatis. Ketika hari menjadi gelap maka lampu akan otomatis menyala dan ketika hari menjadi siang atau terang maka lampu akan secara otomatis mati (tidak bersinar). Yang menjadi sensor pada rangkaian ini adalah Solar Panel (Surya Cell).


Daftar Komponen:
R1............... 56 ohm
R2................47k
L1-L8...........Led
D1................Diaoda IN4001 atau IN4148
Q1................2N3906 atau Jenis PNP lainnya
Solar Panel (Surya Cell)........ 5.5v/200mA
Baterai............3.7v Nimh (bisa memanfaatkan baterai HP bekas)

Cara Kerja Rangkaian:
Ketika solar panel mendapatkan cahaya matahari maka outputnya akan menghasilkan tegangan. Tegangan yang dihasilkan akan menuju basis dari transistor Q1 melalui R2 sehingga aliran arus menuju LED akan berhenti sehingga LED tidak menyala sementara itu baterai 3.7V akan terisi. Ketika hari menjadi gelap maka solar panel tidak mendapatkan cahaya lagi sehingga tidak menghasilkan tegangan, sehingga tegangan pada basis Q1 tidak ada yang mengakibatkan arus yang menuju LED kembali mengalir dan LED pun menyala.

Rangkaian Lampu Taman Otomatis tenaga surya ini sangat mengesankan dan menyenangkan karena bekerja secara otomatis tanpa harus menyalakan dan menghidupkannya, biayanya murah, hemat energi lagi. Selamat berkarya!

0 Response to " Tenaga Surya "

Welcome In Kode Blogger

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!